Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sepeda Motor Yang Pernah Menemaniku

Sepeda Motor Yang Pernah Menemaniku

Tantanhan hari ke-19

#tantanganGurusiana

Di kota kami saat ini kendaraan bermotor sudah semakin banyak. Baik itu sepeda motor maupun mobil. Setiap hari bertambah jumlahnya, sehingga sudah mulai ada kemacetan kecil. Aku tidak tahu berapa jumlah pertambahan kendaraan bermotor itu setiap harinya. Dan bukan masalah ini yang akan aku ceritakan kembali. Melainkan cerita sepeda motor apa saja yang pernah menemani ku dari awal aku bertugas sebagai guru di tanah kelahiranku.

Semasa aku bersekolah di smp, aku sudah bisa menyetir sepeda motor, itu terjadi kira-kira tahun 1978. Motor pertama yang kupakai adalah merk Honda bebek Super Cub C70, sekarang biasa disebut "honda kecupuk" milik ibuku. Motor itu sudah ada sejak aku masih di bangku sekolah dasar. Jauh sebelumnya ayahku sudah memiliki sepeda motor merk Vespa, yang setia mengantarku dan adik-adik pergi ke sekolah. Tetapi aku dahulu tidak berani memakai motor vespa, dikarenakan bodinya terasa sangat berat. Kedua motor tersebut saat ini masih ada dan masih baik.

Sampai lulus kuliah kalau aku pulang kampung masih memakai sepeda motor honda bebek milik ibu. Pada tahun 1990, aku pindah tugas dari Kabupaten Subang Prov. Jabar ke Kabupaten Belitung. Aku membeli motor bekas yaitu merk yamaha V80. Aku tidak bisa menggunakan motor ibuku terus menerus, karena beliau juga punya aktivitas. Sepeda motor yamaha V80 menemaniku dari tahun 1990 sampai tahun 1995. Setelah itu aku menggantinya dengan sepeda motor baru merk yamaha lagi dengan seri Force 1. Motor ini aku gunakan sampai tahun 2003. Dan kemudian kutukar lagi dengan sepeda motor merk yamaha seri F1 ZR. Yang tersulit bagiku sejak punya sepeda motor adalah pertama kali menyetir motor F1 ZR karena sepeda motor ini menggunakan kopling. Sepeda motor inilah yang setia menemaniku selama aku bertugas di kecamatan lain dengan jarak 27 km dari rumah ku.

Pada tahun 2007 aku mulai mengganti sepeda motor sistem gigi dengan sepeda motor matic. Sepeda motor matic pertama ku adalah yamaha seri Mio Soul. Sepeda motor ini kupakai sampai tahun 2010, setelah itu kuganti dengan yamaha Xeon GT125. Dan sekarang sejak tahun 2015 aku sudah menggunakan sepeda motor yamaha NMax. Suamiku sudah memintaku untuk menggati sepeda motor dengan model dan tipe terbaru. Tetapi aku belum mau mengganti sepeda motor ini, walaupun bodinya berat tapi karena jalannya nyaman aku belum tertarik menggantinya dalam waktu dekat. Itulah jenis sepeda motor yang pernah ku punya. Kusebutkan merk bukan untuk menjual atau promosi sepeda motor merk tersebut, melainkan hanya sekedar mengenang sepeda motor apa saja yang pernah ikut andil dalam perjuanganku mengais rezeki.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post