Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
Langsing Dan Awet Muda Karena Belulok

Langsing Dan Awet Muda Karena Belulok

Tantangan Hari Ke-31

#tantanganGurusiana

Ketika aku membuka akun FB Forum Jual Beli Belitung, aku menemukan ada yang menawarkan kolang kaling. Kolang kaling dalam bahasa Belitung dinamakan belulok. Karena di akun tersebut tertulis belulok muda, membuatku tertetarik untuk membeli. Dan memang sudah lama tidak membuat manisan belulok.

Akupun hampir lupa ketika keesokan harinya ada yang datang ke rumahku membawakan belulok. Memang sehari sebelumnya setelah melihat penawaran di FB, aku memesan 1 kilogram dan meminta diantar ke rumah. Setelah membayar pesananku itu, ku bersihkan belulok hingga benar-benar bersih. Lalu kujerangkan air di dalam panci diatas api kompor. Setelah airnya mendidik kumasukkan belulok yang sudah bersih. Kira-kira airnya sudah berkurang setengahnya kuangkat panci dari kompor dan kubuang sisa air rebusan, dan belulok yang sudah direbus tadi ditiriskan. Kembali aku menjerangkan air dikompor. Setelah airnya mendidih kumasukkan belulok rebus, gula pasir secukupnya dan tak lupa kumasukkankan 2 jari kayu manis, 2 buah cengkeh dan setengah sendok teh garam untuk menegaskan rasa. Aku blender setengah buah naga untuk kujadikan pewarna alami, kusaring dan kumasukkan kedalam panci yang berisi belulok. Setelah airnya mengering, matikan kompor dan jadilah manisan belulok dengan warna merah cabe matang.

Sedikit ingin kujelaskan mengenai belulok atau kolang kaling. Belulok dibuat dari buah aren atau enau (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Membuat belulok tidaklah semudah yang aku pikirkan. Ternyata belulok diambil dari buah aren yang setengah masak, kemudian dibakar atau direbus sampai kulitnya lembut. Kemudian dibelah dan diambil bijinya. setelah itu direndam didalam air kapur selama dua hari umtuk menghilangkan getahnya, dan terfermentasi. Setelah dua hari belulok akan terlihat putih dan kenyal.

Ternyata didalam biji belulok, yang sebagian orang tidak suka memakannya,terkandung zat yang yang bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain protein, karbohidrat, kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat galactomanan dan juga gelatin. Hampir 94 persen kandungan air pada setiap butir belulok.

Khasiat belulok antara lain :

1. Melancarkan pencernaan - belulok mengandung serat tinggi.

2. Mennyehatkan tulang - belulok mengandung kalssium yang tinggi

3. Menurunkan berat badan – kandungan gelatin menurunkan nafsu makan.

4. Menyehatkan jantung – serat membantu mencuci pembuluh darah dari kolesterol.

5. Mencegah anemia – zat besi dapat membentuk haemoglobin darah

6. Mencegah dehirasi – kandungan air yang tinggi dari belulok

7. Menjaga metabolisme tubuh - zat besi, zink, kalium, dan kalsium, ini bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh.

8. Meremajakan kulit – mengandung kolagen

9. Obat radang sendi - zat galactomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimal dapat mengatasi penyakit radang sendi

10. Menurunkan kadar gula darah (dapat menstinulasi insulin)

Akankah anda tidak suka belulok (kolang kaling) setelah mengetahui manfaatnya ?

Makanan yang anda makan adalah pilihan Anda, tetapi cari tahu apakah bermanfaatkah bagi tubuh

anda ?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Manisan belulok plg nyman klo dimakan bulan puase, hehe...

19 Feb
Balas

Iye bu ape agik dingin ye bu .... atau campuran kolak..sedap

19 Feb

Iye bu ape agik dingin ye bu .... atau campuran kolak..sedap

19 Feb

Mntap

18 Feb
Balas

Terimakasih pak Yulius

19 Feb

Kalau bahasa kampung saya namanya biluluak. Enak kali dikolak apalagi bulan puasa. Terimakasih ibu, tulisannya sangat bermanfaat.

19 Feb
Balas

Sama bu. Bu Gisti asalvdaerah mana?

19 Feb

Payakumbuh bu

20 Feb
Balas



search

New Post