Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kunyit

Tantangan hari ke-20

#tantanganGurusiana

Salah satu masakan khas Belitong adalah . Gangan adalah masakan lauk yang berkuah dengan bumbu rempah seperti kemiri, laos, kunyit, cabe rawit, bawang merah dan terasi yanh dihaluskan. Ada juga yang menambahkannya dengan serai. Bahan yang dapat di masak dengan bumbu gangan yaitu ikan laut atau ikan air tawar, dan bisa juga daging sapi atau daging ayam. Kali ini saya tidak akan menulis cara membuat gangan, tetapi tentang salah satu bumbunya yaitu kunyit.

Kunyit dalam bahasa latin diberi nama Curcuma longa, dari keluarga jahe-jahean atau zingiberales. Diberbagai daerah di Indonesia nama kunyit diberi nama yang berbeda. Misalnya di Sumatera ada yang menyebutnya Kakunye (Enggano),, Kuning (Gayo), Kunyet (Alas), Hunik (Batak), Undre, (Nias), Kunyit (Lampung), Kunyit (Melayu) Jawa: Kunyir (Sunda), Kunir (Jawa Tengah), Temo koneng (Madura) Kalimanta: Kunit (Banjar), Henda (Ngayu), Kunyit (Olon Manyan), Cahang (Dayak Panyambung), Nusa Tenggara: Huni (Bima), Kaungi (Sumba Timur), Kunyi (Sumba Barat), Kewunyi (Sawu), Koneh, (Flores), Hunik kunir (Timor) Sulawesi: Uinida (Talaud), Kuni (Sangir), Alawaha (Gorontalo), Kolalagu (Buol), Pagidon (Toli-toli), Kuni (Toraja), Kunyi (Ujungpandang), Kunyi . Maluku: Kurlai (Leti), Lulu malai (Babar), Ulin (Tanimbar), Tun (Kayi), Unin (Ceram), Kunin (Seram Timur), Unin, (Ambon), Gurai (Halmanera), Garaci (Ternate) Irian: Rame (Kapaur), Kandeifa (Nufor), Nikwai (Windesi), Mingguai (Wandamen), Yaw (Arso).

Tumbuhan kunyit mempunyai batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang hijau kekuningan. Berdaun tunggal, lanset memanjang, helai daun 3-8, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 20-40 cm, lebar 8-12,5 cm, dengan pertulangan daun menyirip berwarna hijau pucat. Memiliki bunga majemuk, berambut, bersisik, tangkai panjang 16-40 cm, mahkota panjang ± 3 cm, lebar ± 1,5 cm, kuning, kelopak silindris, bercangap tiga, tipis, ungu, pangkal daun pelindung pulih, ungu. Akarnya serabut berwarna coklat muda

Selain manfaatnya sebagai bumbu masak dan pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat. Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolester, anti HIV, anti tumor, menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik).diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan; haid tidak lancar, perut mulas saat haid, dan memperlancar ASI. (Sumber : Wikipedia)

Begitu banyak manfaat kunyit, yang pasti dahulu dari pertama mendapatkan haid dan selalu merasakan sakit dibagian perut, ibuku selalu memberikan air perasan kunyit yang diberi sedikit garam. Memang dapat meredakan rasa sakit dan melancarkan darah haid.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makase bu Sri Suni

08 Feb
Balas



search

New Post