Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jebakan Manis Di #tantanganGurusiana

Jebakan Manis Di #tantanganGurusiana

Tantangan Hari Ke-30

#tantanganGurusiana

Tantangan hari ke-30, kalimat tersebut yang akan tertulis diawal tulisanku hari ini. Yah benar, hari ini merupakan tepat tiga puluh hari yang lalu aku menulis di Gurusiana. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu.

Bermula saat aku melihat di grup WA SaguSabu Belitung 2, banyak anggota yang nulis tulisan pendek. Aku tertarik, kupikir apa salah nya ngirim tulisan pengalaman diri sendiri. Tetapi saat itu belum tahu caranya. Iseng-iseng aku bertanya kepada pak Sunindio (biasanya kami memanggil beliau dengan panggilan pak Sunin), karena aku lihat beliau sudah menulis. Terus terang aku tidak tahu, kalau bapak-ibu anggota sagusabu itu menulis untuk memenuhi #tantanganGurusiana.

Aku bertanya kepada pak Sunin bagaimana caranya menulis di Gurusiana. Dengan senang hati beliau mengajariku. Pertama beliau menyarankan mengunduh aplikasi notepad dan Gurusiana, serta memberitahu langkah-langkah mengirim tulisan. Setelah kedua aplikasi tersebut selesai di instal, mulailah aku menulis. Terlebih dahulu aku menulis di notepad. Lalu aku kirim tulisanku ke aplikasi Gurusiana sesuai yang diajarkan pak Sunin, alhamdulillah terkirim. Aku WA lagi pak Sunin bahwa aku telah berhasil ngirim ke Gurusiana dan aku minta tolong beliau untuk melihat tulisanku dan mohon sarannya. Tidak perlu menunggu terlalu lama balasan beliau, beliau mengatakan tulisanku sudah baik. Saran beliau tambahkan Tantangan hari ke-1 setelah judul. Semula aku bingung, apa pula ini. Aku penasaran maka kubuka kiriman kawan-kawan, ternyata tulisan mereka untuk memenuhi tantangan menulis 30 hari. Aku katakan kepada pak Sunin, bahwa aku nulis bukan untuk memenuhi #tantanganGurusiana.

Tidak puas hanya dapat jawaban dari pak Sunin, yang kupikir cuman untuk nyenangi hatiku, aku kirim WA kepada bu Ilfa agar beliau mau melihat tulisanku dan memberikan saran atau masukan. Kenapa aku pilih pak Sunin dan bu Ilfa untuk melihat tulisanku saat itu ?. Karena ku anggap mereka sudah “suhu” (itu julukan kawan-kawan untuk beliau yang sudah mahir menulis) di grup SaguSabu Belitung 2. Mereka sudah banyak menulis buku, dan bu Ilfa sudah banyak prestasi dalam literasi, jadi pantas untuk dimintai saran dan pendapat. Setelah membaca tulisanku bu Ilfa mengatakan bahwa untuk pemula judulnya lumayan bagus, seterusnya cari judul yang menjual, masukan untuk tulisannya hanya perbaikan kata yang kurang tepat. Hanya seperti itu, yang lain katanya sudah bagus. Dan beliau lagi-lagi meminta ku untuk mengirim tulisan yang sudah kukirim ke Gurusiana hari itu ke FB Media Guru. Waduh sudah dua orang yang salah pengertian mengenai tujuan pertamaku menulis.

Tanpa konfirmasi kepada ku di WA grup SaguSabu Belitung 2, bu Ilfa sudah mengumumkan aku sudah imenulis untuk hari pertama. Kejebak lah aku, bagaimana ini. Setelah kupikirkan kenapa tidak dicoba.

Semula dengan coba-coba menulis, kemudian sepertinya termotivasi dari pak Sunin dan Bu Ilfa, aku menulis setiap hari, dan sampailah hari ini ke Tantangan Hari Ke-30, #tantanganGurusiana.

Terimakasih pak Sunin dan bu Ilfa, Bapak Ibu SabuSagu Belitung 2 yang telah turut memotivasi, serta Tim Gurusiana dan Tim Media Guru yang telah memberi kesempatan kami menulis.

Aku paham benar tulisanku masih jauh dari tulisan yang ideal, paling tidak sudah dapat menuliskan apa yang ada di memori otakku. Mudah-mudahan kedepan dapat belajar menulis yang ideal.

Insyaallah dihari berikutnya akan diusahakan dapat menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Woooow selamat Ibuuu la gol hari ke 30

17 Feb
Balas

alhamdulillah....makase rica.

17 Feb

Wuah, bersyukurnya Ibu memiliki dua teman yang sangat membantu sekali dalam kepenulisan.

17 Feb
Balas

Iya bu Rahmah, bapak ibu di SaguSabu Belitung hebathebat saling mendukung

17 Feb

aku baru mulai hari #1 bu dwi karena kelalainku sendiri...hiks

17 Feb
Balas

Beww ibu remedi ye. Ngape Bu...kelupaan ye

17 Feb

Yang sabar ye bu Yuli...pasti ade hikmahnye...

17 Feb



search

New Post